Senin, 29 Agustus 2011

From book "Everyday Greatness" Stephen R. Covey tentang Kontribusi

                                                                       Mencari Makna

Orang yang mencari makna kehidupan adalah mereka yang telah membentuk pikirannya dan tindakannya untuk sebuah tujuan yang membuat hidup mereka paling bermakna.
Ketika aku masih kecil, hanya Batman yang punya telepon genggam. Dia punya telepon mobil. Pikirku itu: Wow, bayangkan, punya telepon mobil? Namun, teknologi tidak mengubah hidup kita, kecuali mungkin bagaimana cara kita mamanfaatkannya. Kita masih tetap dalam posisi bangun tidur dan memiliki pilihan: Apakah aku akan membuat dunia menjadi lebih baik hari ini atau tidak peduli? ---- Tom Hanks


Tidak cukup hanya rajin saja, karena begitu pulalha sifat semut. Apa yang membuat Anda rajin?
---- James Thurber


Ada orang yang tidak dapat membedakan antara sibuk dan produktif. Mereka adalah kincir angin berwujud manusia, bekerja keras, tapi sebenarnya sedikit hasilnya.
---- Caroline Donnelly, Money

Pada semua orang yang kuat, ketika dia mendengar di balik layar, yang didengarnya adalah gema percekcokan dan pertikaian. Akan tetapi, mereka bukannya tidak punya pendirian, malah mereka justru menata hidup dengan menjunjung tinggi nilai-nilai luhur dan mencapai tujuan dan arah hidup yang mantap.
---- Harry Emerson Fosdick
On Being A Real Person



 Semua manusia, sebelum mereka mati, harus berusaha mempelajari hal-hal yang mereka hindari dan mereka kejar, serta alasannya. ----- James Thurber

Orang yang memiliki alasan untuk hidup boleh dikatakan dapat selalu tegar. 
---- Friedrich Nietzsche


Tidak ada yang lebih melegakan hati selain berjuang untuk alasan yang lebih besar daripada diri kita sendiri, sesuatu yang mencakup diri kita tetapi tidak ditentukan hanya oleh kita saja.
---- John McCain, Faith of My Fathers

                                                                  Kekuatan Satu

Kita bisa saja merasa tidak memiliki apa-apa untuk disumbangkan. Tetapi, sejarah penuh dengan contoh kekuatan yang dapat muncul dari pilihan sehari-hari yang dilakukan oleh satu orang saja.

Kita sendiri merasakan bahwa apa yang kita lakukan hanyalah setetes air di lautan. Padahal, laut akan berkurang airnya jika tidak ada tetesan itu.
---- Ibu Teresa

Tidak ada manusia yang begitu miskinnya sehingga tidak punya apa-apa untuk diberikan: ibarat kali kecil di gunung yang berkata bahwa mereka tidak punya apa-apa untuk diberikan kepada laut karena mereka bukan sungai. Berikanlah apa yang kita punya. Bagi seseorang, hal itu mungkin lebih baik daripada yang Anda kira.
---- Henry Wadsworth Longfellow


Kita semua memiliki sesuatu untuk diberikan. Jadi, jika kita bisa membaca, cari orang yang tidak bisa membaca. Jika kita punya palu, cari paku. Jika kita tidak lapar, tidak kesepian, dan tidak punya masalah, carilah orang yang lapar, kesepian dan punya masalah.
---- George H. W. Bush


Bagi kita, sepertinya sombong sekali seandainya kita dapat melakukan sesuatu yang penting untuk memperbaiki kehidupan manusia. Padahal pandangan ini keliru. Kita harus yakin bahwa kita dapat melakukan sesuatu yang membuat dunia menjadi lebih baik. Sebuah masyrakat yang baik dihasilkan oleh orang-orang yang baik, sama seperti mayoritas suara dalam pemilihan presiden dihasilkan oleh suara dari masing-masing pemilih.
---- Bertrand Russel, A Philosophy for You In These Times


Bahkan sebuah bintang kecil pun bersinar dalam kegelapan.
--- Pepatah Finlandia


Aku selalu memegang teguh pendapat bahwa setiap orang dapat melakukan hal kecil untuk mengakhiri sebagian dari suatu kesedihan.
---- Albert Schweitzer


                                                                      Keunikan Individu


Siapa pun Anda, pasti ada seseorang yang lebih muda yang berpendapat bahwa Anda adalah sosok yang sempurna. Pasti ada pekerjaan yang tidak akan penah selesai jika Anda tidak mengerjakannya. Pasti ada seseorang yang akan merasa kehilangan ketika Anda tidak ada. Pasti ada suatu tempat yang hanya dapat diisi oleh Anda.
--- Jacob M. Braude, Braude's Source Book For Speakers And Writers


Ketika umurku kira-kira tujuh tahun, kami pindah ke New York. Aku sudah belajar main selo dan beberapa tahun kemudian, orang tuaku mendaftarkanku untuk belajar dari Leonard Rose. Leonard adalah pemain selo yang hebat dan guru yang terkemuka. Ketika kudengar permainan selo Leonard, aku berpikir, " Bagaimana mungkin kita dapat membuat suara begitu indah? Bagaimana cara melakukannya?" Padahal, bukan itu yang dinamakan musik. Dan Leonard mengetahui hal itu. Dia berkata, "Aku telah mengajarimu banyak hal, tapi sekarang kamu harus mandiri dan belajar sendiri." Karena ternyata hal terburuk yang dapat kita lakukan adalah berkata pada diri sendiri, " Aku ingin seperti orang lain." Kita harus menyerap pengetahuan dari orang lain, namun pada akhirnya kita sendirilah yang harus mencari suara kita sendiri.
--- Yo-Yo Ma


Tugas duniawi manusia adalah menyadari keunikannya. Seperti seorang rabi Hasid bernama Zusya yang meletakkannya di atas ranjang kematiannya: "Di alam baka nanti, aku tidak akan ditanya, 'Mengapa kamu bukan Musa?' Aku akan ditanya, 'Mengapa kamu bukan Zusya?' 
---- Martin Buber, Time


Kita menyukai berita tentang para pahlawan, padahal kita pun hebat di mata seseorang.
--- Helen Hayes, Our Best Years


                                                                                Misi Pribadi
Saat-saat yang paling memacu pikiran kita berlangsung ketika kita menemukan waktu untuk merekam apa yang menurut kita adalah hakikat keberadaan kita dalam sebuah pernyataan ringkas. Pernyataan seperti itu dapat menjadi patokan pribadi, kerangka untuk membuat keputusan yang mengarahkan hidup. Pikirkanlah beberapa contoh berikut ini.


Aku ingin seluruh hidupku berguna ketika aku mati, karena semakin keras aku bekerja, semakin aku mencintainya. Aku menikmati hidup demi kenikmatan. Hidup bukanlah hanya lilin pendek bagiku, hidup ibarat sebuah obor menakjubkan yang bisa kupegang sesaat, dan aku ingin obor itu menyala sterang mungkin sebelum kuserahkan kepada generasi berikutnya.
---- George Bernard Shaw, His Life And Works

Bisa sering tertawa lepas, meraih penghormatan dari orang pintar dan kasih sayang dari anak kecil, mendapatkan penghargaan dari kritikus jujur dan mampu menghadapi pengkhianatan teman yang jahat, menghargai kecantikan, bisa melihat kebaikan orang lain, meninggalkan dunia yang sedikit lebih baik, baik dengan meninggalkan anak yang sehat, sebidang kebun, ataupun kondisi sosial yang damai, mengetahui bahwa seseorang dapat bernapas dengan lebih mudah karena kita pernah hidup. Inilah yang dinamakan meraih keberhasilan.
---- Ralph Waldo Emerson

Aku akan melalui jalan kehidupan ini hanya sekali.
Karena itu, kebaikan apa pun yang dapat kulakukan
Atau kemurahan hati sekecil apa pun yang dapat kutunjukkan kepada sesama manusia, izinkan aku melakukannya sekarang.
Izinkan aku untuk tidak menunda dan mengabaikannya, karena aku tidak akan melalui jalan ini lagi.  ----- Etienne de Grellet


Tuhan, jadikanlah aku pembawa damai, bila terjadi kebencian aku pembawa cinta kasih.
Bila terjadi pengkhianatan, jadikanlah aku pembawa pengampunan;
Bila terjadi kesesatan, jadikanlah aku pembawa kebenaran;
Bila terjadi kebimbangan, jadikanlah aku pembawa kepastian;
Bila terjadi kecemasan, jadikanlah aku pembawa harapan;
Bila terjadi kegelapan, jadikanlah aku pembawa terang;
Bila terjadi kesedihan, jadikanlah aku pembawa kegembiraan;
Tuhan, semoga aku lebih ingin menghibur daripadadihibur,
Memahami daripada dipahami;mencintai daripada dicintai;Sebab dengan memberi kami menerima; dengan melupakan diri sendiri kami menemukan, dengan mengampuni kami diampuni, dengan mati suci, kami bangkit lagi untuk hidup selama-lamanya.
------Santo Fransiskus dari  Asisi


Aku ingin disebut-sebut oleh orang yang paling mengenalku dengan baik, bahwa aku selalu mencabuti duri dan menanam bunga ditempat yang menurutku dapat ditumbuhi bunga.
-----Abraham Lincoln


Tidak ada komentar:

Posting Komentar